Monday 8 June 2015

Kebutuhan & Kelangkaan Barang & Jasa - Pengantar Ekonomi & Bisnis


KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN BARANG DAN JASA

A. KEBUTUHAN

1. Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam kehidupan, yang dapat terpenuhi dengan cara memiliki / menggunakan barang dan jasa.

2. Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan
a. Kondisi Fisik
b. Kondisi Ekonomi Seseorang
c. tingkat Pendidikan
d. Jenis Kelamin
e. Agama, lingkungan dan Kebudayaan (Kebiasaan)
f. Umur
g. Selera

3. Macam-macam alat pemuas kebutuhan
a. Barang Menurut Sifatnya/Langka Tidaknya
1) Barang ekonomis
barang yang jumlahnya terbatas bila dibandingkan dengan kebutuhan manusia, sehingga untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan, baik tenaga maupun uang. Misalnya makanan, minuman, pakaian, rumah, dan air mineral yang semuanya harus kamu dapatkan dengan melakukan pengorbanan. Pengorbanan itu misalnya kamu harus membayar dengan sejumlah harga tertentu.
2) Barang bebas
barang yang tersedia dan tidak terbatas jumlahnya, sehingga untuk memperolehnya tanpa mengeluarkan pengorbanan. Misalnya air, udara, sinar matahari, angin, dan hujan yang dapat kamu peroleh tanpa melakukan pengobanan.
b. Barang Menurut Fungsinya (Tujuan Penggunaannya)
1) Barang konsumsi
barang yang langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia (barang jadi). Barang konsumsi disebut juga barang siap pakai, misalnya sepatu, baju, kaos, dan televisi.
2) Barang produksi/barang modal
adalah barang yang tidak langsung memenuhi kebutuhan manusia/konsumen, tetapi merupakan alat pembantu dalam proses produksi. Misalnya mesin produksi, gedung/bangunan pabrik, tanah, dan bahan baku.
c. Barang Menurut Wujudnya
1) Barang konkret/nyata/material
alat pemuas kebutuhan manusia yang berupa zat, dapat diraba dan dilihat. Misalnya rumah, makanan, sepeda motor, mobil, dan perhiasan.
2) Barang abstrak/immaterial
3) alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak dapat diraba dan dilihat tetapi dapat dirasakan, atau lebih dikenal dengan jasa. Misalnya nama baik (goodwill), hak cipta, dan merk dagang.
d. Barang Menurut Cara Penggunaannya
1) Barang substitusi
barang yang dapat saling mengantikan, artinya bila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang yang lainnya. Misalnya baju dengan kaos, teh dengan kopi, mobil dengan sepeda motor, dan kompor dengan tungku.
2) Barang komplementer
barang yang dapat saling melengkapi, artinya cara penggunaannya digabungkan dengan barang yang lain. Misalnya baju dengan celana, kopi dengan gula, mobil dengan bensin, dan kompor dengan minyak tanah.
e. Barang Menurut Cara Pengerjaannya
1) Barang mentah/bahan mentah
barang yang baru dihasilkan oleh alam, misalnya hasil pertanian, dan hasil perkebunan.
2) Barang setengah jadi
barang yang masih dalam proses produksi, misalnya tepung, kain, dan kulit.
3) Barang jadi
barang yang telah selesai mengalami proses produksi dan langsung dapat dikonsumsi, misalnya sepatu, kaos kaki, tas, dan pakaian.

4. Jenis-Jenis Kegunaan Barang Atau Benda
a. Element utility (faedah elemen)
artinya benda berguna karena mempunyai zat asli yang dibutuhkan. Misalnya umbi-umbian, buah-buahan, dan sayur-sayuran.
b. Time utility (faedah waktu)
artinya benda akan lebih berfaedah bila digunakan pada waktu yang tepat. Sebagai contoh menimbun gabah untuk persiapan pada masa paceklik dan payung pada saat musim hujan.
c. Place utility (faedah tempat)
artinya benda yang setelah dipindahkan tempatnya akan lebih berfaedah bagi manusia. Misalnya pasir di sungai dipindahkan ke kota dan kayu di hutan dipindahkan ke kota dipakai sebagai bahan bangunan.
d. Form utility (faedah bentuk)
artinya benda setelah diubah bentuknya dapat lebih berfaedah bagi manusia. Misalnya kayu diubah mejadi mebel, kain diubah menjadi baju/celana, gandum diubah menjadi roti, dan sebagainya.
e. Ownership utility (faedah hak milik)
artinya benda yang dapat berfaedah setelah dimiliki. Misalnya mobil yang masih di toko setelah dibeli oleh konsumen akan menjadi lebih berguna.

5. Karaktenstik Jasa
Beberapa Karakteristik Utama Dari Jasa Menurut Kotler (1 993:230)
a. Intangibility (Tidak berwujud)
Jasa mempunyai sifat tidak berwujud karma tidak bisa dindentifikasi oleh ke lima indera manusia, seperti: dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum terjadi proses transaksi pembelian.
b. Inseparability (Tidak dapat dipisahkan)
Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya, apakah sumber itu merupakan orang maupun mesin, disamping itu apakah sumber itu hadir atau tidak, produk fisik yang berwujud tetap ada.
c. Variability (Berubah-ubah)
Jasa dapat mudah berubah-ubah karena jasa ini tergantung pada siapa yang menyajikan, kapan, dan dimana disajikan.
d. Perishability (Daya tahan)
Jasa tidak dapat disimpan dan tidak memiliki daya than yang lama karena sifatnya tergantung dari fluktuasi pennintaan.

6. Macam-Macam Jasa
Macam-Macam Jasa Menurut Converse (1992:233)
a. Personalized services
Personal services adalah jasa yang sangat mengutamakan pelayanan orang dan perlengkapannya, seperti tukang cukur, salon kecantikan, laundry, foto. Sementara itu, yang sangat perlu diperhatikan dalam pemasaran jasa antara lain adalah, lokasi yang baik, menyediakan fasilitas dan suasana yang menarik, serta nama baik yang bersangkutan. Dalam marketing personal services diusahakan supaya timbul semacam patronage motive yaitu keinginan untuk menjadi langganan tetap. Contohnya patronage ini bisa timbul di dalam usaha laundries, karena kebersihan, layanan yang ramah tamah serta baik, dan sebagainya.
b. Financial services
Financial services terdiri dari:
1) Banking services (Bank).
2) Insurance services (Asuransi).
3) Investment securities (Lembaga penanaman modal).
4) Public utility and Transportation services.
Perusahaan public utility mempunyai monopoli secara alamiah, misalnya perusahaan listrik, air minum. Para pemakainya terdiri dari: Domestic consumer (konsumen lokal), Commercial and office (perkantoran dan perdagangan), Municipalities (kota praja, pemda).
Sedangkan dalam transportation services, meliputi: angkutan kereta api, kendaraan umum, pesawat udara, dsb. Pelayanan disini ditujukan untuk angkutan penumpang dan angkutan barang.
c. Entertainment
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah usaha-usaha dibidang olahraga, bioskop, gedung-gedung pertunjukan, dan usaha-usaha hiburan lainnya. Metode marketing yang dipakai adalah sistem penyaluran langsung dimana karcis dijual di loket-loket.
d. Hotel services
Hotel merupakan salah satu sarana dalam bidang kepariwisataan. Dalam hal ini hotel perlu mengadakan kegiatan bersama dengan tempat-tempat rekreasi, hiburan, travel biro, dan sebagainya.

B. KELANGKAAN DAN BIAYA PELUANG

1. Pengertian Kelangkaan
Sumber daya yang terbatas (tidak cukup   dibandingkan banyaknya kebutuhan manusia), untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan.

2. Faktor Penyebab Kelangkaan
a. Keterbatasan sumber daya
b. Perkembangan Jumlah Penduduk
c. Keterbatasan Kapasitas produksi
d. Bencana Alam
e. Kerusakan SDA akibat ulah manusia
f. Keterbatasan kemampuan manusia mengolah SDA

3. BIAYA PELUANG
Adalah pengorbanan yang harus diambil ketika seseorang mengambil sebuah pilihan atas suatu sumber daya ekonomi

4. Perhitungan Biaya Peluang
a. Uang
b. Waktu (Kesempatan)
c. Kesenangan
d. Keuntungan di masa depan
e. Dll

Biaya sesungguhnya/genuine cost
Biaya eksplisit = biaya yg benar-benar dikeluarkan
Biaya implisit = biaya peluang.

1 comment: