Monday, 8 June 2015

Administrasi - Pengantar Administasi Perkantoran


ADMINISTRASI

A. Asal Kata
Adiministrasi berasal dari kata kata latin Administrare
Ad + Ministrare ( Bahasa Yunani )
Ad = ke atau kepada
Ministrare = mengabdi, memenuhi, membantu, menolong atau melayani
Istilah bahasa belanda Administratie yang berarti tata usaha yang berkisarpada bidang penyusunan dan pencatatan keterangan (informasi).
Istilah dalam bahasa inggris Administration yang berarti rangjaian perbuatan penyelenggaraan karya dalam setiap usaha kerja sama sekelompok oranag untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

B. Pengertian Administrasi Dalam Arti Sempit
Sebagi pekerjaan ketatausahaan dan kesekretarisan ; yakni serangkaian kegiatan yang meliputi mencatat, menghimpun, menggandakan, mengirim, dan menyimpan bahan informasi dalam setiap usaha kerjasama yang teratur untuk mencapai tujuan
a. Menghimpun
Kegiatan mencari dan mengusahakan untuk menyediakan segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan dimana mana, sehingga himpunan itu siap dipergunakan bilamana diperlukan
b. Mencatat
Kegiatan membubuhkan dengan berbagai peralatan tulis tentang keterangan yang diperlukan sehingga berwujud tulisan yang dapat dibaca
c. Mengolah
Kegiatan mengerjakan berbagai macam keterangan dengan maksud menyajikan data dlalm bentuk yang lebih berguna
d. Menggandakan 
Kegiatan memperbanyakdengan berbagai cara dan alat sebanyak jumlah kebutuhan
e. Mengirim
Kegiatan menyampaikan dengna berbagi cara dan berbagai alat dari satu pihak ke pihak yang lain
f. Menyimpan
Kegiatan menaruh sesuatundengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman, akan tetapi mudah menemukan kembali jika diperlukan

C. Pengertian Administrasi Dalam Arti Luas
Proses kerjasama daripada sekelompok manusia dengan cara-cara yang berdaya guna(efisien) yang meliputi 8 unsur(OMKKKPTH) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Menurut Prof.Dr.Prajudi Atmosudirdjo, S.H. dalam pengertian luas administrasi mencakup 3 pengertian sebagai berikut :
1. Administrasi sebagai proses
Meliputi keseluruhan kegiatan-kegiatan pemikiran, pengaturan dimulai dari penentuan tujuan sampai pelaksanaan kerja sehingga tujuan tersebut dapat dicapai sebagaimana yang diharapkan semula
2. Administrasi sebagai fungsional ( kegiatan usaha )
Dalam kegiatan usaha untuk mencapai tujuan, terdapat berbagai macam fungsi atau tugas kerja agar kegiatan usaha dapat berjalan dengan baik dan sempurna, sehibgga tujuan dapat dicapai dengan memuaskan
3. Administrasi sebagai institusional ( lembaga )
Administrasi sebagai institusional yaitu yang terdiri atas keseluruhan orang-orang, baik secara perorangan maupun secara bersama-sama, yang menjalankan kegiatan-kegiatan untuk menghasilkan karya sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan semula

D. Pengertian Administrasi Dari Beberapa Ahli 
1. Luther gullick
Dalam bukunya yang berjudul Paper on the science of anministration, mengemukakan bahwa administrasi adalah bertalian dengan pelaksanaan kerja dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
2. Willian H. Newman
Memberikan definisi, administrasi alalah pembimbingan kepeminpinan dan pengawasan usaha-usaha sekelompok orang kearah tujuan bersama
3. John M.Fiffner
Mengatakan bahwa administrasi dapat dirumuskan sebagai pengorganisasian dan pengarahan sumber manusia/tenaga kerja dan materi untuk mencapai tujuan yangdikehendaki
4. Leonard D. White
Menyatakan bahwa administrasi adalah salah satu proses yang terdapat secara umum bagi sega;a usaha sekelompok orang-orang atau menusia, usaha negara maupun swasta, sipil atau militer, usaha secara besar-besaran maupun kecil-kecilan
5. Herbert A.Simon
Dalam pengertian luas administrasi dapat didefinisikan sebagai kegiatan dari sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama
6. Dr. Sondang P.Siagan, M.P.A
Administrasi adalahkeseluruhan proses kerjasama antara 2 orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya
7. Prof.Dr.Prajudi Atmosudirdjo, S.H.
Administrasi adlah proses dan tata kerja yang terdapat pada setiap usaha, apakah usaha kenegaraan atau swasta, usaha spil atau militer, usaha besar atau kecil
8. Drs. The Liang Gie
Administrasi adalah segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama sekelompok manusian untukmencapai tujuan tertentu
9. Drs. Soekarno K
Administrasi aadalah proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai tujua  yang telah ditetapkan
10. J. Wayong
Dalam bukunya Administrasi Negeri, mengatakan bahwa administrasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengendalikan suatu usaha agar tujuannya tercapai


E. Kesimpulan Pengertian Administrasi
Kesimpulan pengertian administrasi : proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Rangkaian perbuatan terbentang mulai dari penentuan tujuan yang ingin dicapai sampai dengan tujuan tercapai.

No comments:

Post a Comment